Cultivating Leadership Character for Elementary Students

Authors

  • Nicken Destriana Accounting Department, Trisakti School of Management, West Jakarta 11440, Indonesia
  • Arwina Karmudiandri Accounting Department, Trisakti School of Management, West Jakarta 11440, Indonesia
  • Nurwanti Nurwanti Accounting Department, Trisakti School of Management, West Jakarta 11440, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.51601/ijcs.v5i3.778

Abstract

This community service activity aims to build the character and potential of early childhood to have a spirit of leadership in the future. This program was initiated as a response to the need to equip children with the basics of leadership, moral integrity, and socio-emotional skills to face real-world challenges. The methods used include a participatory approach with a series of interactive activities designed to introduce basic leadership concepts such as responsibility, courage, and simple decision-making. The results of this activity have shown a notable positive influence on the character development of young children and serves as a foundation for cultivating leadership skills within the school setting. It is anticipated that the program will yield sustained benefits for the character growth of students at SD Petra Alpha School Kembangan, West Jakarta.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Rodiyana, R., Puspitasari, W. D., & Dwi Puspitasari, W., Menumbuhkan kepemimpinan anak di Sekolah Dasar, Jurnal Cakrawala Pendas, 5:2, 2019.

Anhar, M., Sari, D. P., Pragiwani, M., Sumitro, & Ramaditya, M., Pelatihan kepemimpinan dan pembinaan untuk meningkatkan kemampuan para guru, pengurus OSIS SMA dan SMK Negeri di Jakarta Utara, Laporan Kegiatan Pengabdian pada Masyarakat Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Jakarta, 2020.

Djafri, N., Arwildayanto, A., & Suking, A., Manajemen kepemimpinan inovatif pada pendidikan anak usia dini dalam perspektif merdeka belajar era new normal, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5:2, 2020, pp. 1441–1453. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i2.901

Puspita, Rinda, Strategi guru kelas dalam membentuk sikap kepemimpinan siswa di Sekolah Dasar Negeri 4 Rejang Lebong. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN), 2023.

Amrina, A., Aprison, W., Sesmiarni, Z., M, ‪Iswantir, & Mudinillah, A. Sekolah ramah anak, tantangan dan peluangnya dalam pembentukan karakter siswa di era globalisasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6:6, 2022, pp. 6803–6812. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i6.2130

Saputri, S., & Ardivanto, A., Penanaman pendidikan karakter pada peserta didik di Sekolah Dasar. Journal of Education Research, 6:1, 2025, pp. 166-173.

Rohman, S., Al-Mubarok, S., & Tengah, L., Menumbuhkan jiwa kepemimpinan sejak dini di sekecamatan Bandar Mataram. Jurnal Pendidikan Islam, 3:1, 2021.

Suhardi, Fakhriyyah, B. H., Anjiani, H. S., & Fanbilah, I. F., Pengaruh keterampilan kepemimpinan dan manajemen terhadap mutu dan kualitas di Lembaga Pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8:2, 2024.

Amrulloh, A. A., & Purwandari, E., Pengembangan karakter kepemimpinan anak usia sekolah melalui kecerdasan sosial dan kecerdasan linguistik. Konferensi Nasional Psikologi Kesehatan V, Universitas YARSI Fakultas Psikologi, 2024.

Komarudin & Nurpratiwiningsih, Laelia, Pelatihan dasar kepemimpinan untuk meningkatkan kedisiplinan siswa SD Negeri Pebatan 01, Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Teknologi dan Bisnis Asia Malang, 4:1, 2023, pp. 124-134.

Khansa, A. M., Utami, I., & Devianti, E., Analisis pembentukan karakter siswa di SDN Tangerang, Jurnal Pendidikan Dasar, 4:1, 2020, https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/fondatia

Annur, S., Pratama, A., Aulia Sormin, I. R., & Saptullah, Problematika kepemimpinan pendidikan, 8:1, 2025, pp. 187-194.

Muskita, S. M. W., Lahallo, F. F., Ferdinandus, A. Y., Pakpahan, R. R., Rupilele, F. G. J., Madina, L. O., Maniburi, M. Y., Sanar, F. S., Lewaherilla, P. J. O., Membangun jiwa kepemimpinan sejak dini di kalangan anak SD YPK Klasaman 1 Kota Sorong, KALANDRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4:1, 2025, pp. 01-09. https://doi.org/10.55266/jurnalkalandra.v4i1.469

Siswanta, J., Pengembangan karakter kepribadian anak usia dini (studi pada PAUD Islam Terpadu di kabupaten Magelang tahun 2015), Inferensi, 11:1, 2017. https://doi.org/10.18326/infsl3.v11i1.97-118

Hidayat, Nurdin., Tanod, M. J., & Prayogi, Fiki, Manajemen pengembangan sekolah dasar berbasis pendidikan karakter, Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6:5, 2022.

https://bekasi.binus.sch.id/2023/10/melatih-jiwa-kepemimpinan-untuk-anak-usia-sekolah-dasar/

https://www.gamelab.id/news/3393-mengetahui-pentingnya-membentuk-leadership-sejak-sekolah-berikut-penjelasan-lengkapnya

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-7552736/11-cara-melatih-kepemimpinan-sejak-dini-agar-bermental-kuat.

Downloads

Published

2025-08-30

How to Cite

Destriana, N., Karmudiandri, A. ., & Nurwanti, N. (2025). Cultivating Leadership Character for Elementary Students . International Journal Of Community Service, 5(3), 324–330. https://doi.org/10.51601/ijcs.v5i3.778